Mengenal Mata Kuliah Advertising Untuk Membangun Negeri Kreatif
Advertising mendengar
nama itu mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita,sejak kecil kita sudah
dicekoki yang namanya periklanan.Baik itu iklan yang tayang di
televisi,radio,pamflet,baliho-baliho besar di pinggir jalan
dan masih banyak lagi.Pembahasan mengenai advertising ini sungguh
memiliki cakupan yang luas,lugas dan menarik untuk
diperbincangkan,karena tanpa iklan mungkin dunia ini tidak berwarna
seperti saat ini.Hingar bingar iklan membuat hidup semakin
sempurna,dengan manipulasi visualnya yang sangat menggugah mata kita
untuk segera membeli.Warna dan desain dari iklan yang membuat mata
terpengaruh seketika.Tetapi sebelum mengenal lebih jauh tentang
periklanan,lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari
perikalan yang saya dapatkan dari dosen saya yang sangat menginspirasi
dan membuat saya goyah,untuk memilih konsentrasi apa.Terimakasih saya
ucapakan sebelumnya kepada bapak Rama Kertamukti yang membuat saya
galau.
#Pandangan Pertama
- Ó Pengertian Iklan
Dalam buku Pokja
Akademik UIN Sunan Kalijaga iklan (advertising) berasal dari bahasa
Yunani yang artinya “menggiring orang pada gagasan,semua bentuk
aktivitas untuk menghadirkan dan mempromosikan ide,barang atau jasa
secara non-personal yang di bayar oleh sponsor tertentu.
Iklan adalah sebuah
bentuk pesan baik komersial maupun non komersial,melalui media yang
ditujukan kepada konsumen yang memiliki tujuan untuk mempengaruhi.
Iklan sebagai proses
periklanan suatu proses komunikasi yang bertujuan untuk membujuk dan
menggiring orang untuk mengambil tindakan yang menguntungkan bagi si
pembuat iklan. (Durianto)
Krisyanto memaparkan
iklan adalah bentuk komunikasi nonpersonal yang menjual pesan persuasive
dengan respon yang jelas untuk mempengaruhi orang membeli dan membayar
biaya.
Dari pengertian
tentang iklan yang saya paparkan diatas,kalian mungkin sudah bisa ambil
kesimpulan,berbicara tentang iklan adalah hal yang sangat enak untuk
selalu diperbincagkan.Karena dengan iklan menunjukan sebuah
kreativitasan,dengan iklan hidup menjadi layaknya nano-nano yang manis
asem asin.Dengan manajemen visualanya yang begitu menawan bisa merubah
persepsi seseorang dalam jangka waktu sixty second.Yah memang
jika kita berkutik dengan dunia iklan tidak akan berujung,iklan sendiri
memiliki nilai yang lebih dibanding dengan yang lain.Membahas iklan
adalah bahasan yang begitu menarik dan perlu digali lebih mendalam,tidak hanya
tentang design yang bakalan digali disini tetapi dari banyak
unsur.Untuk mengetahui lebih dalam,rasanya tak lengkap jika kita
membahas iklan tanpa dibarengi dengan saudara kembarnya ikut dibahas
yaitu periklanan.
- Ó Pengertian Periklanan
Komunikasi non-personal yang dibayar oleh pihak sponsor yang mungkin media massa untuk mempengaruhi dan membujuk media.
Periklanan merupakan keseluruhan proses mulai dari penyiapan,perencanaan,pelaksanaan,pengawasan dan penyampaian iklan.
Periklanan adalah
komunikasi non-personal melalui beragam media yang dibayar oleh
perusahaan orang non profit dan individu yang menggunakan peran iklan
yang diharapkan dapat menginformasikan/membujuk kalangan tertentu yang
membaca iklan.
Audio,visual yang
ditampilkan di periklanan membuat semua mata tertuju dengannya,tidak
usah membuat kata-kata yang berilmiah-ilmiah untuk mempengaruhi
pembaca,hanya dalam selembar kertas saja semua orang bisa langsung
terpikat dengan hal yang dibuat.Tak usahlah berorasi dan bekoar-koar
sampai mulut berbusa.Cukup tunjukkan kreativitas kalian dengan memadukan
warna,kata-kata,semua orang bisa langsung tertegun.
Mata kuliah
advertising dengan penyaji yang mengagumkan dan berpengalaman sungguh
menakjubkan dan fantastis,membuat goyah tujuan saya untuk menjadi
seorang public speaker.Karen hidup itu banyak rasa maka beriklan
sajalah,dengan beriklan pesan yang panjang lebar bisa disingkat dalam
selembar kertas dan secuil kata tetapi penuh makna dan berdampak sangat
menakjubkan.
*karya : Chusniyatul M.
*karya : Chusniyatul M.
0 komentar:
Posting Komentar