Mengenal Advertising

Mengenal Mata Kuliah Advertising Untuk Membangun Negeri Kreatif

Advertising mendengar nama itu mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita,sejak kecil kita sudah dicekoki yang namanya periklanan.Baik itu iklan yang tayang di televisi,radio,pamflet,baliho-baliho besar di pinggir jalan dan masih banyak lagi.Pembahasan mengenai advertising ini sungguh memiliki cakupan yang luas,lugas dan menarik untuk diperbincangkan,karena tanpa iklan mungkin dunia ini tidak berwarna seperti saat ini.Hingar bingar iklan membuat hidup semakin sempurna,dengan manipulasi visualnya yang sangat menggugah mata kita untuk segera membeli.Warna dan desain dari iklan yang membuat mata terpengaruh seketika.Tetapi sebelum mengenal lebih jauh tentang periklanan,lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari perikalan yang saya dapatkan dari dosen saya yang sangat menginspirasi dan membuat saya goyah,untuk memilih konsentrasi apa.Terimakasih saya ucapakan sebelumnya kepada bapak Rama Kertamukti yang membuat saya galau.

#Pandangan Pertama
  • Ó  Pengertian Iklan
Dalam buku Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga iklan (advertising) berasal dari bahasa Yunani yang artinya “menggiring orang pada gagasan,semua bentuk aktivitas untuk menghadirkan dan mempromosikan ide,barang atau jasa secara non-personal yang di bayar oleh sponsor tertentu.
Iklan adalah sebuah bentuk pesan baik komersial maupun non komersial,melalui media yang ditujukan kepada konsumen yang memiliki tujuan untuk mempengaruhi.
Iklan sebagai proses periklanan suatu proses komunikasi yang bertujuan untuk membujuk dan menggiring orang untuk mengambil tindakan yang menguntungkan bagi si pembuat iklan. (Durianto)
Krisyanto memaparkan iklan adalah bentuk komunikasi nonpersonal yang menjual pesan persuasive dengan respon yang jelas untuk mempengaruhi orang membeli dan membayar biaya.
Dari pengertian tentang iklan yang saya paparkan diatas,kalian mungkin sudah bisa ambil kesimpulan,berbicara tentang iklan adalah hal yang sangat enak untuk selalu diperbincagkan.Karena dengan iklan menunjukan sebuah kreativitasan,dengan iklan hidup menjadi layaknya nano-nano yang manis asem asin.Dengan manajemen visualanya yang begitu menawan bisa merubah persepsi seseorang dalam jangka waktu sixty second.Yah memang jika kita berkutik dengan dunia iklan tidak akan berujung,iklan sendiri memiliki nilai yang lebih dibanding dengan yang lain.Membahas iklan adalah bahasan yang begitu menarik dan perlu digali lebih mendalam,tidak hanya tentang design yang bakalan digali disini tetapi dari banyak unsur.Untuk mengetahui lebih dalam,rasanya tak lengkap jika kita membahas iklan tanpa dibarengi dengan saudara kembarnya ikut dibahas yaitu periklanan.
  • Ó Pengertian Periklanan
Komunikasi non-personal yang dibayar oleh pihak sponsor yang mungkin media massa untuk mempengaruhi dan membujuk media.
Periklanan merupakan keseluruhan proses mulai dari penyiapan,perencanaan,pelaksanaan,pengawasan dan penyampaian iklan.
Periklanan adalah komunikasi non-personal melalui beragam media yang dibayar oleh perusahaan orang non profit dan individu yang menggunakan peran iklan yang diharapkan dapat menginformasikan/membujuk kalangan tertentu yang membaca iklan.
Audio,visual yang ditampilkan di periklanan membuat semua mata tertuju dengannya,tidak usah membuat kata-kata yang berilmiah-ilmiah untuk mempengaruhi pembaca,hanya dalam selembar kertas saja semua orang bisa langsung terpikat dengan hal yang dibuat.Tak usahlah berorasi dan bekoar-koar sampai mulut berbusa.Cukup tunjukkan kreativitas kalian dengan memadukan warna,kata-kata,semua orang bisa langsung tertegun.
Mata kuliah advertising dengan penyaji yang mengagumkan dan berpengalaman sungguh menakjubkan dan fantastis,membuat goyah tujuan saya untuk menjadi seorang public speaker.Karen hidup itu banyak rasa maka beriklan sajalah,dengan beriklan pesan yang panjang lebar bisa disingkat dalam selembar kertas dan secuil kata tetapi penuh makna dan berdampak sangat menakjubkan.

*karya : Chusniyatul M.

0 komentar:

Posting Komentar